dalam Blogging

Jangan Sepelekan Keisengan Ide. Siapa tahu itu WOW ?

Ketika memutuskan membeli sebuah domain, kadang saya melakukannya karena iseng saja. Menuliskan alamat domain yang unik dan agak nyeleneh, lalu mencoba mencarinya di Namecheap, apakah ada. Nah, apabila ada, kadang saya langsung eksekusi dengan membeli domain itu. Apalagi kalau domain itu termasuk murah. Saya tidak peduli apakah domain itu menggunakan ekstensi populer atau tidak.

Saya punya sebuah pengalaman menarik tentang keisengan ide ini. Suatu kali, saya coba mencari domain yang saya pikir pas untuk blog kuliner. Setelah beberapa kali melakukan pencarian, sekali lagi di Namecheap, saya menemukan bahwa domain ini hanya tersedia dengan ekstensi yang tidak populer, yaitu .XYZ. Karena kurang kerjaan, akhirnya saya beli domain itu, karena harganya hanya $0.88 saja. Hahaha …

Setelah terbeli, saya biarkan saja. Kurang lebih sebulan kemudian, saya install WordPress di blog itu. Selanjutnya, saya mulai isi dengan artikel-artikel kuliner. Kebetulan, saya punya banyak referensi soal ini. Jadi, walaupun alon-alon, blog itu bisa terisi juga dengan artikel.

Di tahap awal, saya langsung isi dengan sepuluh artikel. Hari berikutnya, saya rutin isi sehari satu artikel saja. Tanpa melakukan hal lain. Hanya mengisi artikel saja. Kadang saya bahkan lupa untuk update … 😀

Hal ini terus berjalan. Saya mulai submit blog ke webmaster, menginstall plugin pendukung, dan menaruh kode Google Analytics di blog itu. Hanya itu yang saya lakukan. Tidak ada lainnya.

Hal yang mengejutkan terjadi

Setelah beberapa lama kegiatan jlang-jling ini berjalan, iseng saya buka Analytic untuk memantau traffic blog. Dan Anda benar, blog kuliner itu bukan yang saya harap mendapatkan traffic bagus. Saya justru berharap blog lain yang mengalami perkembangan.

Tapi …

Ternyata hal yang mengejutkan terjadi. Justru blog kuliner itulah yang mengalami peningkatan drastis. Kunjungan yang diperoleh cenderung stabil, dan berasal dari organic search. Bahkan ada saat di mana trafficnya bahkan mengalahkan blog yang saya gadang-gadang jadi blog keren… hahaha …

Mengetahui ini, saya langsung mengambil langkah untuk mengoptimalkan blog kuliner ini. Saya langsung melakukan beberapa hal lain seperti membuatkan akun sosial media sendiri, fanspage sendiri, dan membangun link.

Alhamdulillah … sampai saat ini blognya masih ada dan masih saya update, walau sering lupanya … 😀

Yang ingin saya bagikan adalah, jangan sepelekan keisengan ide kita. Cerita di atas buktinya. Walaupun iseng awalnya, tapi karena ada konsistensi di situ, semua menjadi berjalan baik.

Note : Abaikan gambarnya. Ga cocok ‘kan … ? 😀 😀

Jadi, punya ide iseng apa ini ?

Tulis Komentar

Komentar