Ini kenapa Detail itu harus !

Saat saya kehilangan semua artikel blog ini, saya semakin yakin. Bahwa detail itu perlu. Kejadian ini seakan mengatakan, Ini kenapa detail itu harus ! Bukan hanya perlu.

Jadi gini …,

Awalnya, blog ini saya buat menggunakan subdomain, karena domain utama saya pakai untuk blog dengan platform HTMLy. Nah, karena semua artikel di blog utama sudah saya import ke blog ini, maka saya bermaksud memindahkan blog ini ke domain utama. Saya memilih karena saya merasa, menggunakan WordPress lebih nyaman bagi saya. Lebih mudah, dan karena memang saya ingin belajar lebih jauh tentang platform ini.

Akhirnya, saya langsung eksekusi saja. Pindah. Karena masih dalam satu hosting, saya pikir prosesnya tidak seperti saat saya pindah dari hosting yang berbeda. Karena ini hanya dari subdomain ke domain dalam 1 hosting. Ternyata … Saya salah !

Saya tahu salah setelah semua artikel saya di blog ini hilang. 🙁

Saya pikir, cukup memindahkan file blog saja, tanpa perlu memikirkan database dan tabelnya. Saya pikir file saja sudah cukup. Memang, awalnya, blog langsung bisa saya pindah dan diakses dengan baik. Saat membuka tabel database pun, saya hanya mengedit tabel options untuk mengganti URL. Saya pikir sudah. Beres.

Eh.. ternyata.. 🙁

Masalah muncul, saat saya hapus subdomain. Instalasi WordPress di subdomain ini saya gunakan installer Softaculous. Jadi sebelum saya hapus subdomain, saya hapus dulu instalasi di subdomain nya. Dengan nyantai itu saya lakukan. Dan…

Saat saya akses blog di domain utama, langsung saja error, karena wp-config salah database. Modyaarrrr.. 

Kepala saya langsung pening. Karena saya tahu, kalau saya ganti database baru, pasti artikel saya akan hilang semua. Padahal, saya tidak pernah backup blog ini. Itu kesalahan saya.

Itu kenapa saya katakan, detail itu harus. Apalagi bagi blogger. Jangan sampai hal kecil merusak sesuatu yang lebih besar. Kalau Anda juga mau pindahan blog, berganti hosting, atau masih dalam satu hosting, yang perlu anda backup pertama adalah tabel database, kalau blog Anda menggunakan WordPress. Jika ini sudah, baru lihat file lain.

Langkah ini sering terlewat atau terlupa, karena proses memback-up konten blog itu lebih lama.

So, be careful bro.. 

Penulis: Mohammad Fanirifanto

Hanya seorang blogger amatir


2 thoughts on “Ini kenapa Detail itu harus !”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *