Blogging Itu Gaya Hidup. Setujukah Anda ?

Sebelumnya, saya pernah mengatakan bahwa bagi saya, blogging itu gaya hidup. Setelah mengenalnya, blogging benar-benar mengubah cara pandang saya tentang banyak hal. Dan, apabila sebuah perubahan terjadi pada diri pribadi seseorang karena ‘suatu hal’, dan itu menjadi sebuah kebiasaan, maka itu dapat disebut sebagai sebuah gaya hidup. Menurut saya sih. Karenanya, saya pikir perlu memiliki sebuah catatan perjalanan mengenai gaya hidup yang bagi saya istimewa ini.

Bermula dari sebuah percakapan dalam sebuah grup di WhatsApp yang banyak melibatkan teman-teman saya jaman SMP dahulu, banyak yang menanyakan perihal blogger, blog, dan blogging kepada saya. Tentang kenapa menjadi blogger, kenapa ini, kenapa itu, dan lain-lain. Masih banyak yang menganggap bahwa menjadi blogger selalu identik dengan kegiatan hura-hura dalam arti tertentu dan cenderung tidak ada artinya. Ada juga celetukan teman yang menyatakan bahwa blogger itu sebuah profesi mata duitan.

Blogging Itu Gaya Hidup

Saya sendiri tidak berusaha melakukan counter atau membantah anggapan teman-teman saya itu. Karena menurut saya sendiri, ada memang kecenderungan blogger sekarang menjadi seperti itu. Terlebih, mindset teman-teman saya memang berbeda dengan saya. Saya hanya mengatakan bahwa tidak semua blogger seperti itu. Saya katakan juga bahwa blogging itu sebuah gaya hidup. Untuk mengetahuinya, tentu saja harus tahu apa arti dari gaya hidup itu sendiri. Sekali lagi, karena perbedaan pola pikir tentang blogging, saya memilih diam dan enggan untuk melanjutkan pembicaraan itu.

Blogging bagi saya adalah sebuah aktivitas menyenangkan yang menurut saya memiliki banyak manfaat, kalau dilakukan dengan niat yang benar. Sebuah gaya hidup yang akan mengubah seseorang. Saya mengatakan ini karena saya sendiri merasakan adanya perubahan itu. Menulis artikel dan kemudian membagikannya memberi saya sebuah kepuasan batin.

Menghasilkan uang dari blogging, apakah itu mungkin ? Sangat mungkin. Saat ini, sudah banyak sekali bukti bahwa profesi ini bisa dijadikan sandaran hidup. Namun, ini juga bukan proses semalam. Butuh konsistensi dan usaha yang pantang menyerah.

Kalau Anda, apa itu blogging ?

fanirifanto

blogger amatir, suka film, musik, dan baca buku. Udah.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *